Monday, April 7, 2014

Facebook Memberikan Pilihan "Custom" Pada Pemilihan Jenis Kelamin

4/07/2014 11:00:00 AM Posted by Unknown , No comments
Setelah sepuluh tahun dan satu minggu membatasi profil pengguna hanya dengan jenis kelamin laki-laki (male) dan perempuan (female) saja, Facebook kini menerapkan pilihan 'Jenis Kelamin' semau kalian. Perusahaan ini mengumumkan pada Kamis waktu setempat, kini pengguna bisa bebas memilih jenis kelaminnya pada halaman profil. Termasuk "Gender Fluid", kecenderungan seksualitas yang terkadang terlalu feminim dan terkadang terlalu maskulin. Ada lagi pilihan "FTM" (Female-To-Man), yaitu transgender yang semulanya wanita menjadi lelaki. Dan kebalikannya "MTF" (Man-To-Female).

Berdasarkan pernyataan tersebut, Facebook bekerja sama dengan komunitas masyarakat untuk mempersempit definisi daftar identitas gender.

"Kami memahami bahwa sebagian orang kesulitan untuk mengungkapkan identitas sebenarnya dengan orang lain," ucap Facebook seperti dilansir dari Newsweek, "dan pengaturan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang lebih sahih." Para pengguna juga dapat memilih panggilan berdasarkan gender mereka.("he", "she", or "they", contoh: "Write on their wall"). Tentu saja itu untuk pengucapan dengan pengaturan Bahasa Inggris.

Gerakan ini menjadikan penemuan baru dalam memberikan perhatian terhadap masalah gender di dalam jejaring sosial tersebut. Ternyata, seorang Software Engineer Facebook adalah transgender wanita, ia kini menuliskan "transwoman" di halaman profil Facebook-nya.

"Lebih baik telat daripada tidak selamanya," ucap salah satu dari ribuan komentar di bawah pemberitahuan resmi tersebut. "Ini merupakan kemajuan."




(sumber: Newsweek)

0 komentar:

Post a Comment