Wednesday, April 16, 2014

9 Penemuan Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2013

4/16/2014 11:00:00 AM Posted by Unknown , 4 comments
Dengan kemajuan teknologi saat ini yang begitu pesat berkembang membuat beberapa penemuan yang tergolong sangat berinovasi. Tahun 2013 dipenuhi dengan beberapa kreasi terbesar yang pernah dibayangkan oleh manusia. Seperti apakah 9 Teknologi yang menakjubkan tersebut?

1. 3Doodler (3D)
Proses cetak 3D telah muncul beberapa waktu yang lallu, namun 3Doodler adalah sebuat pena cetak 3D pertama di dunia. Dibuat oleh Peter Dilworth dan Maxwell Bogue dari WobbleWorks LLS dan dibuat menggunakan Poly-Lactic Acid (acrylonitrile butadiene styrene) untuk membuat gambar 3 dimensi. Pena tersebut melelehkan plastik (yang tersedia dalam berbagai warna) dan setelah itu didinginkan untuk membentuk 3D yang solid.

2. Mission R
Saat ini mobil umum sudah menjadi hal yang biasa, bagaimana dengan motor listrik? The Mission R sebagai raksasa otomotif memproduksi versi mereka sendiri yaitu Motor Listrik yang dinamakan Mission R. Dengan kemampuan 0-60 mph dalam 3 detik dan kecepatan tertinggi 150 mph tentu saja motor ini sangat menjanjikan. Tersedia dalam 2 jenis baterai tergantung penggunaan seperti baterai 12kWh (105 mil) atau 17kWh (140 mil).

3. Volvo Solar Pavilion
Trend mobil listrik sangat menguntungkan bagi lingkungan. Tidak adanya emisi dari kendaraan tentunya akan mengubah bumi lebih hijau. Sayangnya, saat ini akses untuk pengisian sangat terbatas dan sangat sulit untuk ditemukan. Volvo Solar Pavillion adalah sebuah pavilliun yang fleksibel untuk digunakan sebagai panel surya dipermukaannya. Pavilliun ini menggunakan energi matahari untuk disalurkan kedalam mobil seperti stopkontak.

4. Sony Smart Lens
Kalian yang hobi memotret dengan menggunakan smartphone dan ingin meningkatkan level hasil foto kalian? Sony Smart Lens menjawab sebuah keinginan untuk mengambil gambar dengan hasil yang terbaik seperti layaknya fotografer profesional. Lensa ini menghubungkan smartphone dengan NFC atau built-in WiFi dan dikontrol dengan aplikasi untuk Android dan iPhone.

5.Oculus Rift
Dengan sebuah sistem game baru yang diresmikan pada 2013 kemarin, Oculus Rift benar-benar membawa dunia perkembangan game kedalam tingkat yang lebih serius. Dikembangkan oleh Oculus VR, Rift adalah sebuah gadget yang dipakai pada kepala untuk menampilkan sebuah tampilan layaknya virtual reality. Diperkirakan beratnya hanya 379 gram dan dapat dihubungkan melalui HDMI, DVI, dan port USB. Rift dapat menampilkan resolusi 1920 x 1080 dengan 3D Display dan sudah banyak developer game yang memberikan dukungan.

6. GravityLight
Ini mungkin sebuah penemuan yang menakjubkan saat ini, bagaimana tidak sebuah alat sederhana namun dapat menciptakan sebuah cahaya yang menyinari sebuah ruangan tanpa bantuan listrik sama sekali. Alat ini bekerja dengan menggunakan gaya gravitasi yang dapat menyala selama 25 menit dan hanya membutuhkan 3 detik untuk pengaturan kembali.

7. Google Glass
Google Glass mungkin adalah sebuah produk paling menonjol di tahun 2013. Dengan alat ini, sebuah teknologi yang sebelumnya tidak mungkin telah menjadi nyata karena pengguna dapat mengambil gambar, membuat video, bahkan mengakses internet tanpa harus menggerakan tangan sedikitpun. Ini adalah sebuah lompatan besar dalam ilmu pengetahuan. Google Glass memiliki kamera 5MP dan dapat merekam video 720p dan alat ini dioperasikan dengan menggunakan perintah suara.

8. Makerbot Digitizer
Sebuah alat yang mampu untuk memindai datau melakukan scan terhadap benda selama masih ada dalam jangkauan alat tersebut. Hasil scan akan ditampilkan dalam bentuk 3D yang dapat diedit atau bahkan dicetak dalam bentuk 3D. Alat ini memiliki meja yang dapat berputar pada objek yang ditempatkan. Beberapa laser dan sensor CMOS 1.3 megapixel ini mampu memindai secara akurat.

9. Invisible Skycraper
Direncanakan akan dibangun di Korea Selatan, Tower Infinity akan menjadi sebuah gedung pencakar langit yang transparan dan pertama kalinya di dunia. Pada gedung tersebut akan dipasang banyak kamera untuk menangkap gambar dari pemandangan sekitar yang nantinya akan ditampilkan dengan menggunakan proyektor LED. Walaupun terlihat transparan, namun struktur bangungan masih dapat terlihat oleh pesawat dan burung.

4 comments: